Upside Down Cross - Red

Kamis, 09 Mei 2013

Wicca, kepercayaan kuno asal Inggris dan sekitarnya



BERTENTANGAN dengan berbagai isu mengenai agama pagan yang dikatakan kejam, mengorbankan orang, dan sebagainya, Wicca lain dari itu. Wicca adalah salah satu kepercayaan yang sangat damai, harmoni dan berusaha menyeimbangkan antara pemikiran dan kehidupan, yang bertujuan kesatuan dengan semua makhluk.

Wicca adalah suatu sistem kepercayaan yang didasarkan atas sistem kepercayaan sebelum dikenalnya agama Kristen dan berasal dari daerah Irlandia, Skotlandia dan Wales. Banyak sekali informasi mengenai bagaimana para nenek moyang daerah tersebut hidup dan memuja, tetapi sangat sedikit data yang tersedia mengenai Wicca, karena adanya usaha pembersihan Wicca dari muka bumi oleh gereja2 di abad pertengahan.
Disebutkan bahwa Wicca ini berasal dari masa Palaeolitikum, di mana masyarakat ketiga daerah tersebut memuja dewa Pemburu dan dewi Kesuburan. Karena adanya penemuan barang-barang kuno dan lukisan di gua yang berumur sekitar 30.000 tahun, yang menggambarkan seseorang dengan kepala rusa, seorang wanita hamil yang berdiri di lingkaran dengan 11 orang lainnya, dapat diasumsikan bahwa Wicca adalah salah satu sistem kepercayaan tertua yang ada di dunia.
Wicca (Witchcraft) di sejarah kuno dikenal sebagai The Craft of the Wise (Hasil karya mereka yang bijak), karena mereka yang mengikuti jalan kepercayaan ini dipercaya memiliki energi yang selaras dengan alam. Memilki pengetahuan mengenai tumbuhan dan pengobatan, mampu memberi nasihat dan merupakan anggota desa atau komunitas yang dihargai, selain itu juga seringkali mereka adalah bagian dari kaum Shaman.
Kelompok ini memandang bahwa manusia bukan di atas alam, bumi dan semua makhluk, tetapi adalah sebagai bagian dari semuanya itu, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Mereka adalah orang yang mempercayai bahwa apa yang kita ambil dari alam, harus kita kembalikan kepada alam.
Lebih dalam lagi, Wicca mendorong tumbuhnya kebebasan berpikir dari masing-masing pengikut, mendorong mereka untuk belajar dan mengerti mengenai alam dan bumi, sehingga mereka mampu melihat keagungan di semua hal. Lebih penting lagi, Wicca mengajarkan tanggung jawab kepada alam.
“Kita bertanggung jawab atas semua tindakan kita, yang adalah hasil dari perbuatan kita. Kita tidak akan menyalahkan adanya kekuatan lain yang ada di luar kita, dan intinya adalah, kita belajar untuk tahu dan mau menghadapi konsekuensi dari tindakan kita.”
Wicca mengenali adanya siklus kehidupan, fase-fase bulan dan musim yang dipergunakan untuk menandai berbagai waktu pemujaan dan perayaan.
Wicca memiliki mantra (spells). Mantra-mantra yang ada pun dipergunakan untuk hal-hal seperti penyembuhan, cinta, harmoni, kreativitas dan kebijaksanaan. Wicca juga memiliki berbagai macam ramuan untuk menyembuhkan sakit kepala, anti flu, dan juga obat kutu alami buat piaraan kaum Wicca.
Sumber kepercayaan Wicca adalah The One, “Dewa dan Dewi” atas semua hal, yang dapat ditemui di pepohonan, hujan, bunga, laut, dan semua makhluk alam. Oleh karena itu, Wicca percaya bahwa semua hal di bumi ini sebagai bagian dari keagungan The One.
Wicca juga memuji roh elemen Tanah, Udara, Api dan Air, yang merupakan bagian dari semua makhluk, karena dari keempat elemen ini pula didapat pengetahuan mengenai alam dan pengertian dari semua kehidupan, termasuk kehidupan manusia sendiri.
Beberapa hal mengenai Wicca
1. Wicca bukanlah kultus atau ilmu gelap. Tidak pernah ada pengikut Wicca yang menyatakan diri sebagai juru bicara agung dan mengajak orang lain untuk mengikuti jalan Wicca
2. Wicca tidaklah memuja setan atau bergaul dengan iblis. Wicca tidak perduli akan adanya penciptaan mengenai kejahatan atau hukuman kekal yang akan menakuti manusia, sehingga karena rasa takut itulah, manusia melakukan kebaikan. Wicca percaya bahwa hal baik muncul dari diri sendiri dan karena hal itu adalah yang yang baik untuk dilakukan.
3. Wicca tidak mengorbankan hewan, apalagi manusia, karena Wicca menganut paham utama “Tidak menyakiti”
Para pengikut Wicca percaya sekali akan adanya Law of Three (Hukum Tiga), di mana dikatakan apa pun yang kita kirimkan kepada dunia, akan kembali kepada kita tiga kali lipat, entah itu kejahatan, ataupun kebaikan. Oleh karena itu, pengikut Wicca sejati (Witch) tidak akan melakukan, atau setidaknya menghindari kejahatan atau perilaku jahat.
Beberapa seleb yang memeluk kepercayaan ini antara lain yaitu: Deidre Hall, Gianna Patton, Fiona Horne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar